Renungan

“Takkan bergeser kedua kaki manusia pada hari kiamat sampai selesai ditanya tentang 4 perkara: tentang UMURNYA, untuk apa dihabiskan; tentang MASA MUDANYA, untuk apa dipergunakan; tentang HARTANYA, dari mana diperoleh dan untuk apa dibelanjakan; dan tentang ILMUNYA, apa yang sudah diperbuat dengannya.”(HR. At-Tirmidzi no.2417)

Saturday, December 29, 2012

POINT TO POINT NANOBRIDGE M5 + ROCKETDISH 34dBi


PTP (Point To Point) RocketDish 34dbi Dengan NanoBridge M5

Point To Point lazimnya menggunakan Perangkat yang sama seperti Point To Point menggunakan Rocketdish 34dBi sebagai Access Point dan Station nya menggunakan Antenna yang sama. Kali ini saya mencoba menggunakan antenna yang berbeda yaitu Nano Bridge M5 sebagai Access Point dan RocketDish 34 dBi sebagai station.

NanoBridge M5
MODE ACCESS POINT



Adapun jarak antara Access Point NanoBridge M5 dengan RocketDish 34dBi+Rocket M5 sejauh 13.5 KM dengan halangan ratusan ribu pepohonan. 
Antenna Rocketdish 34dBi + Rocket M5 
MODE STATION

Instalasi dan Setup Hardware
Untuk setup perangkat diatas menggunakan OS yang sama dan Default Setting yang sama.
Install Access Point NanoBridge M5 dan Station RocketDish 34dBiDefault setting AirOS Access Point NanoBridge M5 dan Station RocketDish 34dBi
Ip Default : 192.168.1.20
User : ubnt
Password : ubnt

Setup Access Point NanoBridge M5 
 





Setup Access Point Rocket M5 yang akan dipasang di Antenna RocketDish 34 dBi 




Keterangan : Setup diatas merupakan setup standard dan hanya sekedar contoh kecil. Untuk lebih baik lagi teman-teman bisa mengeksploitasi sendiri sesuai keinginan, uji coba telah dilakukan pada jarak 13.5 KM antara BTS dan Station dengan halangan ratusan ribu pepohonan. Ketinggian Tower 30 Meter. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi refensi.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

AdSense

AdSense